Bercerminlah dengan Semut

Pada awalnya ada seekor semut yang berjalan di jalan yang tidak biasanya dilalui oleh semut-semut yang lain, kemudian dia menemukan bangkai seekor belalang yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Kemudian dia mencoba untuk menarik bangkai belalang tersebut namun karena ukuran tubuhnya yang jauh lebih kecil bangkai belalang tidak bergeming sama sekali, lalu dia memutuskan untuk meninggalkan bangkai belalang itu dan kembali ke jalur yang biasanya dilalui oleh teman-temannya yang lain. Tidak berapa lama kemudian terlihat beberapa semut yang keluar dari jalur dan menuju kearah bangkai belalang tadi. Mereka bergotong royong membawa bangkai belalang ke dalam jalur, setelah masuk ke jalur yang biasa dilalui, beberapa semut yang lain mulai berhenti dan membantu membawa bangkai belalang masuk ke dalam sarang.

Belajarlah dari semut, mereka menyadari apa artinya bekerjasama dalam sebuah kelompok untuk mencapi sebuah tujuan, dan mereka juga sadar bahwa ukuran tubuhnya yang kecil, maka salah satu cara untuk bertahan hidup adalah membangun sebuah kelompok yang kuat dan terorganisasi dengan kepemimpinan yang baik. Ada yang menjadi raja dan ada pula yang menjadi prajurit atau pekerja. Semut mempunyai jiwa sosial yang tinggi dengan sesamanya sehingga bangkai belalang yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya mampu dibawa ke dalam sarang dengan bekerjasama tidak membiarkan temannya membawanya sendiri. Kebiasaan semut yang saling bertemu menunjukkan bahawa keakraban diantara mereka cukup tinggi, dan menandakan kepedulian diantara mereka.

Semut tidak pernah menyerah, bila ada rintangan mereka akan terus selalu berusaha mencari jalan keluar, menerobos, memanjat, bahkan mengelilingi rintangan itu. Apa yang bisa kita ambil dari cerita ini…?

Sahabatku, dalam menjalani kehidupan ini, tentulah akan banyak rintangan dan godaan yang datang menimpa kita, namun tetaplah berusaha dan jangan pernah menyerah. Bekerjasama dengan baik, selalu jujur dan dapat dipercaya maka yakinlah bahwa apa yang kita inginkan itu ada di depan mata.

5 thoughts on “Bercerminlah dengan Semut

  1. You’re right: never give up!
    Someone said: “if you fight you might loose, if you don’t… you’ve alredy lost!”
    That’s why we must go ahead all together by helping each other because we are in the same boat!
    Sincerely,
    Giovanni

  2. Wonderful story. Full of wisdom.
    Never give up because of obstacles in your way. They intervene in our way to strengthen our unity and power.
    Faced them we will get to the glorious success.
    God bless you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *